April 25, 2024

Hangar8

Gadget Bagian dari Kehidupan

Asus ROG Ally: Varian Lebih Terjangkau Tampak Kurang Memuaskan

2 min read
Mempertimbangkan untuk memiliki Asus ROG Ally gaming handheld?

Mempertimbangkan untuk memiliki Asus ROG Ally gaming handheld? Nah, sebelum Anda mengambil keputusan, Anda mungkin ingin menunda rencana tersebut. Asus baru-baru ini memperkenalkan varian dengan harga lebih terjangkau sekitar $600. Yang dilengkapi dengan chip AMD Z1 yang kurang bertenaga dibandingkan dengan versi seharga $700. Namun, ulasan awal menggambarkan gambaran yang cukup suram. Mengindikasikan bahwa gaming handheld Windows ini mungkin tidak sebanding dengan kompromi yang harus Anda buat.

Secara singkat, kinerja Z1 tampaknya kurang memenuhi ekspektasi, terutama jika dibandingkan dengan Steam Deck, yang dihargai mulai dari $400. Yang lebih buruk, penurunan kinerja ini tidak diimbangi oleh peningkatan yang signifikan dalam daya tahan baterai. Membuat calon pembeli merasa bingung.

Untuk mengingatkan, Asus meluncurkan ROG Ally beberapa bulan yang lalu

Dengan tujuan bersaing dalam hal harga dan kinerja dengan Valve’s Steam Deck. Ini memiliki beberapa fitur mengesankan, termasuk kinerja yang sering kali lebih baik dari Deck. Layar dengan tingkat penyegaran variabel 120Hz yang menawarkan permainan yang lebih mulus, kipas yang sangat tenang, dan mode Turbo yang dapat memberikan dorongan ekstra pada chip Z1 Extremenya ketika terhubung ke listrik.

Namun, meskipun memiliki keunggulan-keunggulan ini, ROG Ally menghadapi beberapa masalah. Perangkat lunaknya kesulitan untuk membuat Windows mudah digunakan dalam mode genggam. Daya tahan baterai yang mengecewakan, ketidaksesuaian kinerja antara unit ulasan awal dan perangkat yang dikirimkan kepada pelanggan. Belum lagi masalah pembaca kartu SD yang tampaknya bukan hanya masalah satu kali, dan masih menunggu resolusi.

Asus awalnya berjanji akan mengirimkan unit ulasan dari model Z1 baru yang harganya $600 untuk dibandingkan dengan Z1 Extreme asli. Tetapi hal ini tidak pernah terwujud. Alasannya menjadi jelas sekarang, karena ulasan dari media seperti Digital Trends, Retro Game Corps, dan PC Mag telah mulai muncul, dan mereka jauh dari memuji.

Pada saat AMD memberikan informasi, sudah terlihat bahwa Z1 akan jauh lebih lambat dibandingkan dengan Z1 Extreme. Dengan beberapa core CPU yang lebih sedikit, core GPU yang lebih sedikit, dan performa grafis yang jauh lebih rendah. Namun, yang mengejutkan adalah bahwa Z1 tampaknya lebih lambat daripada Steam Deck dalam hal kinerja. Seperti yang dilaporkan oleh Jacob Roach dari Digital Trends.

Jika Asus telah mengirimkan unit kepada kami, kami mungkin telah berharap agar daya tahan baterai menjadi lebih baik, mengingat chip yang lebih lemah dari AMD. Namun, temuan Retro Game Corps mengungkapkan peningkatan daya tahan baterai yang hanya sedikit lebih baik dengan game yang lebih ringan. Dan dalam beberapa kasus, bisa sebanding atau bahkan lebih buruk daripada Z1 Extreme, mengindikasikan bahwa yang terakhir mungkin lebih efisien dalam hal daya saat digunakan hingga batas kemampuannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved.